Headlines News :
Home » » Current Feed Content

Current Feed Content

Written By Musrin Salila on Sabtu, 30 Juli 2011 | 07.48

Current Feed Content

  • Web Browser.

    Posted: Fri, 29 Jul 2011 12:16:08 +0000
    Secara umum, untuk melakukan penjelajahan internet kita harus menggunakan web browser dan mengetahui alamat suatu web /URL yang akan dituju. Web brwoser adalah aplikasi atau perangkat lunak (software) yang memungkinkan user/pengguna dapat mengakses halaman web, file-file berupa teks, gambar, video, suara maupun informasi lainnya yang tersedia di internet dan intranet. Sedangkan URL (Universal Resource Locator) konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama filenya, tetapi juga nama mesin yang digunakan dalam jaringan. Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut :
    http://c47ur1980.wordpress.com/2011/07/29/web-browser/
    Protokol : http://
    Domain : c47ur1980.wordpress.com
    Direktori : /2011/07/29/web-browser/
    Protokol
    Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
    Domain
    Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP. Sebagai contoh, kita tulis alamat ip address 69.63.189.16 di web browser kemudian tekan enter. Maka yang keluar adalah situs facebook. Nah ini menunjukan bahwa alamat server asli dari facebook adalah 69.63.189.16. Begitu juga dengan nama domain lainnya seperti google.com, yahoo.com, dll. Mereka semua itu, memiliki ip address tersendiri. Sekarang coba kita bayangkan, jika tidak ada nama domain, bagaimana kita bisa mengingat semua alamat situs web yang sering kita kunjungi?
    Mengenal domain .ID
    • Domain .AC.ID digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .CO.ID digunakan untuk organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .OR.ID dapat digunakan untuk organisasi selain organisasi yang masuk kedalam kategori domain AC.ID, CO.ID, NET.ID, GO.ID, MIL.ID, SCH.ID dst. dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .NET.ID digunakan untuk organisasi pemegang Ijin Penyelenggara jasa telekomunikasi dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .WEB.ID digunakan untuk personal dan organisasi dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .SCH.ID digunakan untuk sekolah dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .GO.ID digunakan khusus untuk instansi pemerintah dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .MIL.ID digunakan untuk kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    • Domain .WAR.NET.ID digunakan untuk warung internet dengan ketentuan dan kebijakan terlampir pada halaman berikutnya.
    Direktori
    Direktori adalah folder tempat penyimpanan data, direktori ini dberi tanda / atau slash.
    Beberapa Web Browser yang sering digunakan :


    Download Avant Browser 2011 Build 27

    Avant Browser 2011 Build 27

    Avant Force – 3.21MB (Freeware)
    Avant Browser is a standalone application designed to expand features provided by Internet Explorer. It adds a bunch of features and functionalities t…

    Download Firefox 6.0 Beta 3

    Firefox 6.0 Beta 3

    Mozilla Organization – 13.86MB (Open Source)
    The Web is all about innovation, and Firefox sets the pace with dozens of new features to deliver a faster, more secure and customizable Web browsing …

    Download Flock 2.6.1

    Flock 2.6.1

    Flock – 10.95MB (Freeware)
    Flock delivers the latest webmail, photos, videos and updates from your favorites sites, so you can stop running around. Take a load off. Enjoy.

    Download Google Chrome 14.0.835.2 Beta

    Google Chrome 14.0.835.2 Beta

    Google – 22.48MB (Open Source)
    Google Chrome is a browser that combines a minimal design with sophisticated technology to make the web faster, safer, and easier.

    Download Internet Explorer

    Internet Explorer

    Microsoft Corporation – (Freeware)
    Internet Explorer is the world’s most popular Web browser. Security, ease of use, and improvements in RSS, CSS, and Ajax support are Microsoft’s prior…

    Download K-Meleon 1.5.4

    K-Meleon 1.5.4

    K-Meleon – 5.77MB (Open Source)
    K-Meleon is an extremely fast, customizable, lightweight web browser based on the Gecko layout engine developed by Mozilla which is also used by Firef…

    Download Maxthon 3.1.4.1000

    Maxthon 3.1.4.1000

    Maxthon International Ltd – 21.59MB (Freeware)
    Maxthon Internet Browser software is a powerful tabbed browser with a highly customizable interface. It is based on the Internet Explorer browser engi…

    Download Netscape 9.0.0.6

    Netscape 9.0.0.6

    Netscape – 5.78MB (Freeware)
    AOL stopped development of the Netscape browser in February 2008 so is no longer officially supported.

    Download Opera 11.50

    Opera 11.50

    Opera Software – 9.83MB (Freeware)
    A full-featured Internet browser, Opera includes pop-up blocking, tabbed browsing, integrated searches, and advanced functions like Opera’s groundbrea…

    Download Safari 5.1

    Safari 5.1

    Apple Inc – 36.06MB (Freeware)
    At one time, web browsers simply got you to the Internet. But from the day it was released, Safari set the bar higher for web browsers. It introduced …

    Download SeaMonkey 2.3 Beta 1

    SeaMonkey 2.3 Beta 1

    Mozilla Organization – 16.32MB (Freeware)
    SeaMonkey is a web-browser, advanced e-mail and newsgroup client, IRC chat client, and HTML editing made simple — all your Internet needs in one appl…

    Filed under: Kelas XI, Materi Kelas X, SM 1, Software
  • Web Blog MGMP Madrasah DKI Jakarta

    Posted: Sun, 24 Jul 2011 05:50:04 +0000
    Blog mempunyai fungsi yang beragam, mulai dari catatan harian (diary online) sampai untuk mempublikasikan sesuatu atau dalam artian mengiklankan suatu produk. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai sektor memerlukan kecepatan akses informasi yang handal sehingga mulai memanfaatkan teknologi internet untuk aksesnya salah satunya dengan blog.
    Salah satu bidang yang mulai menggunakan blog yaitu sektor pendidikan. Sektor pendidikan membutuhkan suatu teknologi yang popular untuk dapat memenuhi kebutuhan beberapa pihak sebagai stakeholder pendidikan. Teknologi internet untuk pendidikan di Indonesia pertama dicetus oleh KEMENDIKNAS melalui Jardiknasnya.
    Melihat semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi khususnya aplikasinya di bidang pendidikan, sebagai wujud pengabdian diri kepada masyarakat maka kita sebagai guru yang bergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MA DKI Jakarta merasa perlu adanya Blog untuk Guru dan MGMP yang beralamat/url http://mgmp-madrasah.or.id/ sebagai wadah informasi guru Madrasah DKI Jakarta. Sehingga nanti setiap guru atau MGMP akan mempunyai alamat url blog, seperti http://namaguru.mgmp-madrasah.or.id dan http://namamgmp.mgmp-madrasah.or.id .
    Diharapkan dengan tersedianya Blog Guru dan MGMP ini maka guru Madrasah di DKI Jakarta dapat menggunakan Blog MGMP Madrasah ini sebagai media untuk menyampaikan pembelajaran online atau untuk publikasi materi yang dimiliki oleh guru tersebut. Dengan pembelajaran online dan publikasi materi ini maka perkembangan pendidikan juga akan bergerak cepat, karena ada suatu literature baru yaitu Blog MGMP Madrasah yang akan membuat guru-guru dan wadah MGMP mempunyai fasilitas situs pribadi yang dapat digunakan untuk media ajar dan media publikasi.
    Untuk mendaftar di web blog MGMP Madrasah, guru Madrasah harus memiliki E-Mail MGMP (namaguru@mgmp-madrasah.or.id), petunjuk teknis pendaftaran dan penggunaan e-mail serta penggunaan web blog MGMP Madrasah, dapat di download disitus MGMP Madrasah.
    Ayo gabung dan turut partisipasi. Bersama kita hidupkan Web Blog MGMP Madrasah dengan berbagi pengetahuan dan informasi (share knowledge).
    Catur Yoga M
    http://mgmp-madrasah.or.id

    Filed under: Pendidikan
  • Pengembangan media pembelajaran dengan beberapa aplikasi pendidikan.

    Posted: Sun, 24 Jul 2011 01:43:08 +0000
    Memasuki tahun pelajaran baru ini, banyak Sekolah atau Madrasah yang melengkapi fasilitas pendukung penyampaian materi atau transfer pengetahuan, sebagai contoh di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta tahun pelajaran ini untuk setiap kelas X dilengkapi dengan LED Proyektor dan Signal Wifi (Hotspot) telah terhubung disetiap kelas. MAN 9 Jakarta mempunyai target pada tahun pelajaran 2012-2013  nanti semua kelas akan terpasang LED Proyektor dan terpasang AC untuk kenyamanan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
    Dengan menggunakan LED Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor ini lebih menguntungkan, karena idera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.
    Istilah  “media  pembelajaran  merupakan  suatu  istilah  yang  berasal  dari  kata media  dan  pembelajaran.  Kata  media  merupakan  bentuk  jamak  medium  yang dalam  bahasa  Indonesia  berarti  alat”  (Latuheru,  1988:  9),  kemudian  istilah “media  digunakan  sebagai  suatu  nama  bagi  semua  bentuk  dan  saluran  yang digunakan  dalam  proses  penyampaian  informasi  atau  pengantar  informasi (pesan)  antara  sumber  (pemberi  pesan)  dengan  penerima  pesan”  (AECT,  1977: 201).
    Menurut Ibrahim, dkk  (2000: 4) media pembelajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat  merangsang  perhatian,  minat,  pikiran  dan  perasaan  pebelajar  dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai pembelajar tertentu.
    Tantangan bagi guru adalah bagaimana memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak sekolah, dengan adanya fasilitas LED  Proyektor dan Jaringan Hotspot di setiap kelas, guru harus mengembangkan dan mendistribusikan bahan pembelajaran (Media Pembelajaran) dengan lebih interaktif dan persuasif.
    Beberapa aplikasi atau software pendidikan yang dapat membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran, yaitu :
    1. Lecture Maker (http://www.lecturemaker.com/) : Aplikasi Lecture Maker merupakan aplikasi pembuat media presentasi, sama halnya dengan aplikasi powerpoint. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dalam membuat presentasi dengan singkat. Salah satu kelebihan aplikasi ini bisa dijadikan sebagai bentuk aplikasi untuk cd interaktif, menyedia fasilitas soal seperti multiple choice dan essey.
    2. ISpring ( http://www.ispringsolutions.com/ ) : iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan flash.
    3. CrossWord ( http://www.solrobots.com/  ) : Dengan software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif.
    4. EclipseCrossword (http://www.eclipsecrossword.com/ ) : software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif (gratis tidak perlu crack/keygen).
    5. CROCODILE PHYSICS 6.0.5 (  http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi fisika yang sangat menarik. Banyak sekali jenis simulasi pada software ini. Mulai dari mekanika, gelombang, optik, sampai elektronika. Banyak contoh-contoh percobaan yang sangat fundamental dalam konsep fisika.
    6. Crocodile Mathematics v4.01 ( http://www.crocodile-clips.com  ) :  Crocodile Mathematics merupakan software yang asik buat belajar dan membuat modelling geometry dan numeracy.
    7. Crocodile Chemistry (  http://www.crocodile-clips.com )  : Software simulasi pelajaran Kimia.
    8. WonderShare Quiz Creator ( http://www.sameshow.com ) :  Software membuat kuis yang menarik, interaktif dan praktis.
    9. Cisco Packet Tracer ( http://www.packettracer.info )  : Cisco Packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer.
    10. Phet ( http://phet.colorado.edu/ ) : software  simulasi interaktif yang berbasis research dan berlisensi gratis (free software).
    11. dll
    Bahan ajar yang telah dibuat menggunakan aplikasi diatas kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan proyektor menjadi interaktif dan tidak membosankan, dan dapat dengan mudah didistribusikan ke siswa melalui media storage Flashdisk, dikirim via milis MAN 9 Jakarta, diupload di elearning MAN 9 Jakarta maupun di web blog MAN 9 Jakarta, sehingga  siswa dapat dengan mudah mengulangi materi pelajaran dimanapun mereka berada dengan menggunakan alat bantu komputer maupun handphone yang terkoneksi dengan internet.
    Catur Yoga M
    Guru TIK MAN 9 Jakarta

    Filed under: Download, Pendidikan, Software

PROSEDUR OPERASI STANDAR UJIAN NASIONAL 2010-2011

Posted: Sat, 15 Jan 2011 13:15:57 +0000
Ujian Nasional 2010-2011 hanya menunggu hitungan bulan, pemerintah menetapkan pelaksanaan Ujian Nasional untuk SMA/MA pada bulan April 2011, hampir seluruh sekolah di Indonesia telah mempersiapkan agar siswa/i lulus Ujian Nasional Tahun 2011 ini. Beberapa cara diantaranya dengan melaksanakan Pendalaman Materi dan Ujian Tryout untuk melihat kemajuan dan kesiapan peserta didiknya. Beberapa siswa/i yang orang tuanya mampu, memberikan materi pelajaran UN untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbel maupun les privat di luar sekolah.
Untuk guru maupun siswa yang ingin membaca peraturan Ujian Nasional 2010-2011, dapat mendownload link dibawah ini :
  1. PROSEDUR OPERASI STANDAR UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010-2011
  2. PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DAN UJIAN NASIONAL 2010-2011
  3. KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
  4. KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Hayoooo semua semangat, rajin belajar tanda-tanda kalian lulus UN 2011 …. jangan lupa berdoa.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | MusrinSalila Template | Galeri Tinangkung
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Galeri Tinangkung - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MusrinSalila Template