Headlines News :
Home » » Pawang Spam/Scam dan Tips Pemasaran Gratis

Pawang Spam/Scam dan Tips Pemasaran Gratis

Written By Musrin Salila on Selasa, 23 Agustus 2011 | 23.27

Saya menerima salinan komentar Said Budiary yang ditulis untuk artikel Priyadi Iman Nurcahyo, Anne Ahira Bukanlah Pahlawan, Dia Adalah Bagian Dari Masalah Internet, dikirim lewat Halaman Kontak. Dibaca dari komentar tersebut, bagian yang menurut saya penting ada dua,

·                    banyak peminat yang ingin bergabung dan menanyakan perihal bisnis tersebut, yang berarti masih banyak ketidaktahuan dan barangkali simpang siur.

·                    penjelasan bahwa bisnis tersebut termasuk “persoalan di Internet”.

Dalam hemat saya sangat wajar Said menanyakan hal di atas — dan sepatutnya semua calon peserta bersikap kritis. Dari kedua item tersebut, terdapat dua pokok yang perlu pembahasan terpisah. Bagian pertama adalah persoalan bisnis gaya skema piramida, seperti yang telah dijawab secara tegas oleh Anne Ahira sendiri; dan bagian kedua adalah persinggungan dengan Internet karena digunakan sebagai media.

Pembicaraan yang lebih berimbang tentang bisnis bergaya skema piramida tentu lebih baik diserahkan kepada pakar bisnis yang dapat lebih seksama menilai keuntungan dan kerugiannya. Pun saya kira cukup banyak rujukan di Internet yang dapat digunakan untuk mempelajari bisnis seperti itu. Apabila masih dianggap perlu mendengar fatwa langsung dari ahlinya, lembaga pendidikan dan LSM sangat mungkin menyelenggarakan acara khusus dengan mendatangkan ahli terkemuka. Atau, ada penulis blog dari profesi tersebut?

Soal kedua, yakni gangguan di Internet, relatif lebih mudah lagi dicarikan rujukannya. Banyak sekali artikel dan hasil penelitian kerugian yang ditimbulkan oleh gelombang spam di Internet — dalam bentuk email, situs Web, atau newsgroups. Boleh dikatakan pemakai Internet dihadapkan pada pilihan yang sebenarnya mudah sekali: menjauhi atau tetap bandel ikutan.

Jika tulisan Priyadi sejauh ini dianggap belum menggambarkan hal itu, saya yakin dengan kemampuan yang dia miliki — dan lebih penting lagi sikap keterbukaan pendengarnya — Priyadi dapat memaparkan dengan lebih jitu. Ehm lagi untuk Priyadi: jika pakar multimedia sudah ada, pencetus VoIP Merdeka sudah kondang, maestro keamanan sistem sudah dijulukkan, bagaimana dengan predikat “pawang spam dan scam”? Kelihatannya asyik dan potensial untuk anda!

Saya juga tidak ingin berat sebelah. Kepada para pengikut bisnis Anne, saya sodorkan tips pemasaran gratis: jika kalian dapat mengangkat persoalan ini dengan sikap terbuka dan jujur kepada masyarakat luas, keahlian dan martabat kalian akan terangkat, dan itu lebih mahal dari janji-janji yang telah kalian terima selama ini.

Untuk #direktif? Ah, ayo kembali lagi ke persoalan TI untuk organisasi kecil dan pemakai di rumah. Sudah cukup, tarik, je!
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | MusrinSalila Template | Galeri Tinangkung
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Galeri Tinangkung - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MusrinSalila Template