Headlines News :
Home » » Pemahaman Konsep Proses Produksi

Pemahaman Konsep Proses Produksi

Written By Musrin Salila on Kamis, 25 Agustus 2011 | 07.08


Produksi adalah kegiatan manusia untuk membuat suatu produk barang maupun jasa. Bila kita mengamati kegiatan produksi, banyak faktor yang berkaitan antara satu dengan yang lain, seperti: bahan baku, peralatan, dan tenaga. Produksi merupakan suatu sistem, pasti di dalamnya terkandung tiga unsur yaitu : INPUT, PROSES dan OUTPUT


Input dalam proses produksi terdiri atas bahan baku/bahan mentah, energi yang digunakan dan informasi yang diperlukan. Proses merupakan kegiatan yang mengolah bahan, energi dan informasi perubahan sehingga menjadi barang jadi (output). Output merupakan barang jadi sebagai hasil yang dikehendaki, sedangkan output limbah harus diminimalkan agar tidak mengganggu lingkungan.
Kenyataan yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari, proses produksi dilakukan dengan cara berikut.
1. Manual/tradisional : dilakukan dengan menggunakan tangan, contoh pembuatan anyaman 
    dan ukiran.
2. Semi otomatis: sudah ada alat bantu yang menggunakan mesin
3. Otomatis/modern: menggunakan mesin sistem robot yang diprogram dengan bantuan
    komputer.

Untuk membedakan proses kerja secara manual, dengan proses kerja mesin, atau proses kerja secara otomatis perlu dipahami inputnya.  Bekerja secara manual, tenaga yang dikeluarkan dan pengendalian alat yang digunakan berasal dari manusia yang bekerja. Bekerja semi otomatis, tenaga atau energi disuplai oleh tenaga listrik dan pengendalian masih memerlukan manusia(orang yang bekerja) walaupun sebagian tenaga sudah dibantu oleh mesin. Bekerja secara otomatis, tenaga maupun pengendalian disuplai oleh mesin.


Dalam melakukan produksi manusia selalu memikirkan bagaimana agar produknya dapat dibuat dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu mereka harus menemukan teknik atau metode yang lebih baik, lebih mudah, dan bermanfaat. Berpikir seperti ini berarti telah berfikir “Teknologi Produksi Dengan demikian, teknologi produksi merupakan cara manusia untuk membuat produk dengan melibatkan berbagai faktor secara praktis, cepat, mutu baik, dan murah.


PROSES PRODUKSI
Dahulu di Indonesia banyak produk dibuat dengan tanga(secara manual/tradisional). Sekarang produk-produk makin banyak dan melimpah jumlahnya sehingga diperlukan tenaga kerja yang banyak. Produksi dengan jumlah yang besar disebut produksi masal dan produksi serial. Produksi seperti ini dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, misalnya industri keranjang. Setiap pekerja membuat produknya secara lengkap, mulai dari bahan mentah hingga produk akhir. Kemungkinan lain setiap karyawan hanya membuat satu bagian saja dan secara berurutan akhirnya menghasilkan produk akhir. Sistem ini sering menggunakan ban berjalan (alur produksi). Setiap bagian produk yang telah selesai, ditempatkan pada ban berjalan dan dipindahkan ke tempat kerja berikutnya.


Sistem ini, pekerjaan dilaksanakan pada satu tempat yang sama. Yang penting untuk diperhatikan melalui sistem ini adalah jangan sampai terjadi penumpukan pada satu bagian. Bila hal ini tidak diperhatikan, akan terjadi kemacetan dalam proses produksi. Pekerjaan seperti ini ada saling ketergantungan di antara pekerja sehingga mereka harus memiliki tanggung jawab terhadap pekerja lain. Proses produksi secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan ban berjalan. Mulai proses perakitan hingga dihasilkan produksi jadi.


Cara memproduksi mempengaruhi harga sebuah produk. Produk yang dibuat secara manual sering lebih mahal daripada produk yang dibuat dengan mesin. Sebagai contoh produk taplak, harganya lebih mahal. Namun, karena orang cenderung ingin tampil beda atau tidak ada yang menyamai sehingga harga kadang-kadang tidak begitu dipersoalkan oleh mereka.


PERENCANAAN PRODUKSI
Perencanaan adalah suatu fungsi dari manajemen yang menentukan usaha dan tindakan-tindakan yang perlu diambil oleh pimpinan perusahaan.
Perencanaan produksi merupakan pegangan untuk merancang jadwal induk produksi. Sehingga perencanaan produksi mempunyai tujuan sebagai langkah awal untuk menentukan aktivitas produksi dan sebagai masukan rencana sumber daya.
Perencanaan dapat dibedakan antara perencanaan yang bersifat umum dan perencanaan produksi.
a. Perencanaan bersifat umum adalah perencanaan kegiatan dilaksanakan oleh perusahaan
    untuk mencapai tujuan pada jangka panjang.
b. Perencanaan produksi adalah perencanaan dan pengorganisasian mengenai pekerja,
    bahan, mesin, dan peralatan serta modal yang diperlukan untuk memproduksi barang
   dengan suatu metode tertentu yang sesuai dengan yang diramal dan kemampuan pada
   perusahaan.

JENIS-JENIS PERENCANAAN PRODUKSI
Jenis perencanaan produksi dapat dibedakan atas perencanaan produksi jangka pendek dan jangka panjang. Perencanaan jangka pendek adalah perencanaan yang berupa penentuan kegiatan produksi yang dilakukan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun dan berhubungan dengan pengaturan operasi. Sedangkan perencanaan produksi jangka panjang adalah perencanaan yang dilakukan dalam jangka waktu lebih dari lima tahun dan berhubungan dengan pengembangan produk.


KESELAMATAN KERJA
Di dalam keselamatan kerja ada empat hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembuatan benda kerja. Empat hal tersebut adalah sebagai berikut.
1) Diri sendiri,
2) Pada orang lain
3) Lingkungan
4) Peralatan.

Rambu-rambu keselamatan kerja pada dasarnya sama dengan rambu-rambu lalu lintas jalan raya sehingga bentuknya hampir mirif. Rambu-rambu keselamatan kerja terdiri dari larangan, perintah, peringatan dan pemberitahuan.
1) Larangan
    Gambar lingkaran dengan diagonal berwarna merah di atas putih. Rambu-rambu tersebut
    berarti suatu larangan. Contoh: sebatang rokok sedang menyala dengan warna hitam,
    berarti larangan merokok.
2) Perintah
    Gambar putih di atas biru mempunyai arti suatu perintah, contoh :
    a) Gunakan kaca mata
    b) Gunakan helm
    c) Gunakan sarung tangan
    d) Gunakan pelindung pendengar
    e) Gunakan sepatu
3) Peringatan
    Tanda peringatan ini berbentuk segitiga dengan warna hitam diatas putih, sedangkan
    gambar nyala api di dalamnya jingga, artinya sesuatu yang mudah terbakar.
4) Pemberitahuan
    Tanda/petunjuk ini berbentuk segi empat dengan gambar sebuah palang tengah-tengah 
     warna putih di atas biru. Rambu-rambu Ini berarti tempat untuk memberikan pertolongan
     pada waktu terjadi kecelakaan atau PPPK.


PERANCANGAN DAN DISAIN PRODUKSI
Untuk mewujudkan produk perlu gambar disain produksi sebagai acuan bentuk dan ukuran.
Gambar disain produksi dapat diwujudkan dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi.
Salah satu bentuk gambar tiga dimensi adalah proyeksi isometris, dapat dibuat dalam bentuk proyeksi cara Eropa atau Amerika.


SISTEM PRODUKSI PERAKITAN
Kegiatan perakitan adalah kegiatan penggabungan dua buah bagian atau lebih sehingga membentuk produk jadi. Jadi tata letak yang digunakan umumnya tata letak berdasarkan produk.  Sistem perakitan dapat didefinisikan sebagai suatu sistem terintegrasi dari mesin dan operator yang melakukan kontruksi subsistem atau produk jadi dengan karakteristik tertentu.


FUNGSI PERAKITAN
Fungsi utama perakitan adalah untuk menggabungkan komponen, material penyambung, subrakitan menjadi barang jadi.
Fungsi perakitan terdiri atas 3 unsur :
a. Menyiapkan komponen.
b. Penggambungan komponen-komponen.
c. Pemeriksaan kualitas produk.


PENENTUAN WAKTU
Penentuan waktu baku adalah kegiatan mengamati pekerjaan dan mencatat waktu kerja baik setiap elemen maupun siklus dengan menggunakan alat-alat yang telah disiapkan di atas. Bila seorang (operator) telah siap di depan mesin atau di tempat kerja lain dan waktu kerjanya akan diukur.  Tujuan dilakukan pengukuran pendahuluan adalah untuk mengetahui berapa kali pengukuran harus dilakukan untuk tingkat ketelitian dan keyakinan yang dinginkan.


PETA PROSES OPERASIONAL PRODUKSI
Peta proses operasional produksi merupakan suatu diagram yang menggambarkan langkah-langkah proses yang akan didikenakan pada bahan baku, yakni urutan-urutan operasi dan pemeriksaan dari awal sampai dengan menjadi produk utuh ataupun sebagai komponen. Peta ini memuat informasi-informasi untuk analisis lebih lanjut, seperti waktu yang dihabiskan, material yang digunakan, dan tempat atau alat/ mesin yang akan dipakai.


Lambang-Lambang Peta Kerja
Dalam Peta kerja terdapat empat lambang yang merupakan hasil dari pengembangan dan penyederhanaan yang pernah dilakukan oleh Gilberth. Lambang-lambang tersebut dapat diuraikan sebagai berikut .


= OPERASI.
Operasi termasuk kegiatan yang paling banyak terjadi dalam suatu mesin atau stasiun kerja. Beberapa contoh penggunaan kegiatan operasi adalah:
1. Pekerjaan penggergajian, dan
2. Pekerjaan Merakit.


= PEMERIKSAAN
Suatu kegiatan pemeriksaan terjadi apabila benda kerja atau peralatan mengalami pemeriksaan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Beberapa contoh penggunaan kegiatan pemeriksaan adalah:
1. Mengukur dimensi kerja, dan
2. Memeriksa warna benda.




= TRANSPORTASI
Suatu kegiatan transportasi terjadi apabila benda kerja, pekerjaan, atau perlengkapan mengalami perpindahan tempat yang bukan merupakan bagian dari suatu operasi. Beberapa contoh penggunaan kegiatan pemeriksaan adalah:
1. Benda kerja di angkut dari mesin bor ke tempat mesin gergaji untuk mengalami operasi berikutnya,
2. Suatu objek dipindahkan dari satu ke meja lainnya.




= MENUNGGU
Proses menunggu terjadi bila benda kerja, pekerja, atau perlengkapan tidak mengalami kegiatan apa-apa selain menunggu. Kejadian ini menunjukkan bahwa suatu objek ditinggalkan untuk sementara tanpa pencacatan sampai diperlukan kembali. Beberapa contoh penggunaan kegiatan menunggu adalah:
1. Objek menunggu untuk diproses atau diperiksa, dan
2. Peti menunggu untuk dibongkar.




= PENYIMPANAN
Proses penyimpanan terjadi apabila benda kerja disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama. Jika benda kerja tersebut akan diambil kembali, biasanya memerlukan suatu prosedur perizinan tertentu. Beberapa contoh penggunaan kegiatan penyimpanan adalah:
1. Dokumen-dokumen disimpan dalam brankas, dan
2. Bahan baku disimpan dalam gedung.


= AKTIVITAS GABUNGAN
Kegiatan ini terjadi apabila antara aktivitas operasi dan pemeriksaan dilakukan bersamaan atau dilakukan pada suatu tempat kerja.


DAFTAR KOMPONEN PRODUK
Daftar komponen produk merupakan daftar dari semua material, bagian, dan sub- bagian, serta jumlah dari masing-masing yang dibutuhkan untuk memproduksi satu unit barang Daftar ini merupakan arsip yang menentukan penggabungan secara jelas, Daftar ini dilengkapi informasi untuk setiap komponen yang meliputi :
1. Jenis komponen,
2. Jumlah yang dibutuhkan,
3. Ukuran material, dan
4. Tingkat penyusutan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | MusrinSalila Template | Galeri Tinangkung
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Galeri Tinangkung - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MusrinSalila Template