Headlines News :
Home » » Media Pembelajaran 2 Dimensi

Media Pembelajaran 2 Dimensi

Written By Musrin Salila on Rabu, 21 April 2010 | 23.54

A. Pengertian Media Pendidikan
Kata media berasal dari bahasa Latin yang adalah bentuk jamak dari medium batasan mengenai pengertian media sangat luas, namun kita membatasi pada media pendidikan saja yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran. Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi, sedangkan media Pendidikan adalah segala bentuk alat dan saluran yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran.
B. Jenis-jenis media

Media cukup banyak macamnya, Raharjo (1991) menyatakan bahwa ada media yang hanya dapat dimanfaatkan bila ada alat untuk menampilkanya. Ada pula yang penggunaannya tergantung pada hadirnya seorang guru, tutor atau pembimbing (teacher independent). Media yang tidak harus tergantung pada hadirnya guru lazim tersebut media instruksional dan bersifat “self Contained”, maknanya: informasi belajar, contoh, tugas dan latihan serta umpan balik yang diperlakukan telah diprogramkan secara terintegrasi.
Dari berbagai ragam dan bentuk dari media pengajaran, pengelompokan atas media dan sumber belajar ekonomi dapat juga ditinjau dari jenisnya, yaitu dibedakan menjadi media audio, media visual, media audio-visual, dan media serba aneka.

1. Media Audio misalnya radio, piringan hitam, pita audio, tape recorder, dan telepon.
Radio: merupakan suatu perlengkapan elektronik yangdiciptakan berkat kemajuan dalam bidang teknologi modern. sekolah, media audio khususnya radio. Pendidikan hanya difungsikan bila diterapkan pada mata pelajaran bahasa Inggris ataupun musik. Hal ini dikarenakan bila menggunakan radio sebagai pembelajaran, secara langsung akan melatih pendengaran siswa dalam hal pengucapan kata.
Seperti media yang lain, radio merupakan media yang dapat digunakan untuk belajar mandiri dan belajar tuntas. Hal ini dimaksudkan karena media radio merupakan media yang sesuai bila diterapkan pada anak yang lebih lambat dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan radio, secara langsung kita dapat memutar program mata palajaran yang belum dipahami secara berulang – ulang. Dengan pemutaran program secara berulang – ulang, lama- kelamaan akan merangsang daya kreatifitas dan imajinasi anak.

2. Media Visual :
a. Media visual diam : foto, buku, ensiklopedia, majalah, surat kabar, buku referensi dan barang hasil cetakan lain, gambar, ilustrasi, kliping, film bingkai/slide, film rangkai (film stip) , transparansi, mikrofis, overhead proyektor, grafik, bagan, diagram, sketsa, poster, gambar kartun, peta, dan globe.
b. Media visual gerak : film bisu.

3. Media Audio-visual
a. Media audiovisual diam : televisi diam, slide dan suara, film rangkai dan suara , buku dan suara.
b. Media audiovisual gerak : video, CD, film rangkai dan suara, televisi, gambar dan suara.

4. Media Serba aneka :
a. Papan dan display : papan tulis, papan pamer/ pengumuman/ majalah dinding, papan magnetic, white board, mesin pangganda.

b. Media tiga dimensi : realia, sampel, artifact, model, diorama, display.

c. Media teknik dramatisasi : drama, pantomim, bermain peran, demonstrasi, pawai/ karnaval, pedalangan/ panggung boneka, simulasi.

d. Sumber belajar pada masyarakat : kerja lapangan, studi wisata, perkemahan.
e. Media komputer.
Komputer adalah alat elektronik yang dapat mengelolah data dengan perantaraan program dan dapat memberikan/ menampilkan hasil pengolahannya (Suryanto dan Rusmali, 1985). Sedangkan dalam buku yang berjudul “Komputer Annual” mendefinisikan komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima (masukan), memproses input tersebut sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output (keluaran) dalam bentuk informasi (Sanusi, 1997).
Pada masa sekarang ini komputer sudah dipergunakan di berbagai sektor/ bidang termasuk pada bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan komputer dapat mempertinggi efisiensi suatu pekerjaan yang disebabkan adanya kelebihan/manfaat dari komputer. Kelebihan tersebut diantaranya adalah:
- Dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan tepat.
- Dapat menyimpan data maupun memanggilnya kembali.
- Dapat memproses data/ informasi dalam cakupan besar.
Selain jenis-jenis media yang telah disebutkan tadi, ada juga media tak langsung atau offline misalnya media orang lain. Fungsi orang lain untuk perkembangan media pembelajaran adalah untuk memberi motivasi dalam belajar. Sedangkan fungsi motifasi itu sendiri adalah untuk mendukung manusia untuk berbuat atau bertindak, motivasi berfungsi sebagai penggerak yang memberikan energi atau kekuatan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi dapat menentukan agar perbuatan, yakni ke arah perwujudan suatu tujuan atau cita-cita, motivasi mencegah penyelewengan dari jalan yang lurus untuk mencapai tujuan. Semakin jelas tujuan itu, makin jelas pula jalan yang akan ditempuh. Motivasi menyeleksi perbuatan, Artinya menentukan perbuatan-perbuatan mana yang harus dilakukan, yang serasi guna mencapai suatu tujuan dengan mengenyampingkan perbuatan yang tidak atau kurang bermanfaat bagi tujuan semula.

SIMPULAN
. Dengan keberadaan komunikasi elektronik, menambah pentingnya kehadiran guru. Berubahnya fungsi guru dan peranan guru dikaitkan dengan upaya untuk memecahkan salah satu masalah pendidikan
Pengembangan media pembelajaran didasarkan pada 3 model pengembangan yaitu model procedural, model konseptual, serta model teoritik.
media Pendidikan adalah segala bentuk alat dan saluran yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran.
Jenisi-jenis media adalah Media Audio misalnya radio, piringan hitam, pita audio, tape recorder, dan telepon, media Visual, media visual diam dan media visual gerak : film bisu, media Serba aneka serta misalnya Papan dan display, media tiga dimensi, media teknik dramatisasi, sumber belajar pada masyarakat dan Media komputer serta media tak langsung atau offline misalnya media orang lain. Fungsi orang lain untuk perkembangan media pembelajaran adalah untuk memberi motivasi dalam belajar visual diam.

SARAN
Seorang pendidik jangan pernah putus asa, maju terus pantang mundur demi memajukan pendidikan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | MusrinSalila Template | Galeri Tinangkung
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Galeri Tinangkung - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MusrinSalila Template