Headlines News :
Home » » VIRUSLOGI (VIRUS DAN TERMINALOGINYA)

VIRUSLOGI (VIRUS DAN TERMINALOGINYA)

Written By Musrin Salila on Jumat, 09 April 2010 | 07.50

Fakta Virus Komputer (2002)

Perusahaan anti virus Trend Micro Inc melaporkan, sepanjang periode Januari sampai Juni 2002, ada 28.939 virus yang menginfeksi komputer di seluruh dunia. Jumlah virus ini lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 25.644 virus.  Demikian seperti dilaporkan Asia Pulse, Senin (8/7/2002). Sementara itu, versi Information Technology Promotion Agency [IPA] menyebutkan, selama Januari - Juni 2002, ada 11,569 kasus. Dan dari keseluruhan kasus tersebut, hanya 9 persen virus yang benar-benar mengacaukan sistem komputer yang diserangnya. Virus yang melakukan penyerangan, umumnya virus Kelz-H. Dari 1.965 kasus yang dilaporkan, 80 persen dikatakan adalah virus Klez-H yang mulai aktif menyerang pada Maret 2002 lalu. Umumnya, virus -virus ini menyebar dari pengiriman e-mail. Sedangkan pada pekan lalu, Perusahaan anti-virus Sophos mencatat sebanyak 3279 virus menginfeksi komputer di seluruh dunia pada semester pertama 2002. Sepuluh virus yang dilaporkan paling banyak menginfeksi komputer, semuanya merupakan jenis virus worm Windows 32 (W32) yang menyebar secara massal melalui email. Kerugian yang diakibatkan virus mencapai angka + $ 107 Milyar.

Definisi

Virus computer  didefinisikan sebagai :

1.       Sebuah program yang mampu melakukan duplikasi dirinya didalam sistem komputer yang dimasukinya, dan memiliki potensi besar untuk melakukan manipulasi terhadap sistem tersebut.

2.       Virus adalah sebuah kode komputer yang dapat dijalankan dan berukuran kecil dengan kemampuan memperbanyak diri, baik dengan cara menempelkan sebagian atau seluruh file atau aplikasi program, dan mengakibatkan komputer Anda melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Pada awalnya program “VIRUS” diciptakan untuk melindungi program yang dibuat oleh programmer agar karyanya tidak dibajak oleh orang lain (Hanya memberi pelajaran).

Tetapi hal ini kemudian berkembang menjadi suatu hal yang menimbulkan dampak negatif ketika orang mulai menggunakan virus computer bukan lagi untuk melindungi karyanya tetapi sudah mulai melakukan tindakan destruktif yang bertujuan menghancurkan lawan atau musuh.

Sampai saat sekarang berkembang model-model virus yang mampu melakukan kegiatan mata-mata, pemghancuran dokumen, pemalsuan dokumen, dll.

Berbeda dengan virus biologis yang biasa kita kenal, virus komputer TIDAK DAPAT menginfeksi manusia atau makhluk biologis lainnya. Jadi, ketakutan akan tertular virus komputer adalah sebuah salah kaprah. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara virus komputer dan virus biologis 
 

Virus Komputer

Virus Biologis

Mampu menginfeksi sistem komputer

Mampu menginfeksi makhluk biologis

Mempunyai indentitas tersendiri berupa string-string byte yang berbeda dengan virus lain

Mempunyai kode genetik yang unik dan berbeda dengan virus lainnya

Mampu memanipulasi sistem, dan berpotensi untuk merusaknya

Mampu menimbulkan penyakit dan kerusakan sel, hingga kematian

Mampu melakukan "mutasi", sehingga setiap infeksi menghasilkan virus yang berbeda

Mampu bermutasi secara spontan berdasarkan lingkungan dimana dia tinggal untuk mempertahankan hidup

Berkembang biak dengan melakukan overwrite atau safe infection

Berkembang biak dengan menciptakan kode genetik baru yang pada akhirnya membentuk tubuh virus baru

Dapat memiliki time bomb logic

-

Beberapa virus terbaru mampu menyembunyikan dirinya didalam system

Beberapa virus tidak menunjukkan gejala-gejala infeksi hingga batas stadium tertentu

Beberapa virus terbaru mampu menggagalkan proses debugging sebagai sarana untuk membuat serum

Beberapa virus hingga saat ini tidak dapat dibasmi dan dibunuh

 

Katagori Virus

Saat ini banyak jenis variasi virus yang beredar, kebanyakan di antaranya dapat dikelompokkan menjadi enam kategori umum, di mana tiap jenis sedikit berbeda cara kerjanya.

  • Virus boot-sector: menggantikan atau memasukkan dirinya ke dalam boot-sector--sebuah area pada hard drive (atau jenis disk lainnya) yang akan diakses pertama kali saat komputer dinyalakan. Virus jenis ini dapat menghalangi komputer Anda untuk melakukan booting dari hard disk.
  • Virus file: menginfeksi aplikasi. Virus ini melakukan eksekusi untuk menyebarkan dirinya pada aplikasi dan dokumen yang terkait dengannya saat file yang terinfeksi dibuka atau dijalankan.
  • Virus makro: ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman makro yang disederhanakan, dan menginfeksi aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Excel, dan saat ini diperkirakan 75 persen dari jenis virus ini telah tersebar di dunia. Sebuah dokumen yang terinfeksi oleh virus makro secara umum akan memodifikasi perintah yang telah ada dan banyak digunakan (seperti perintah "Save") untuk memicu penyebaran dirinya saat perintah tersebut dijalankan.
  • Virus multipartite: menginfeksi baik file dan boot-sector--sebuah penjahat berkedok ganda yang dapat menginfeksikan sistem Anda terus menerus sebelum ditangkap oleh scanner antivirus.
  • Virus polymorphic: akan mengubah kode dirinya saat dilewatkan pada mesin yang berbeda; secara teoritis virus jenis ini lebih susah untuk dapat dideteksi oleh scanner antivirus, tetapi dalam kenyataannya virus jenis ini tidak ditulis dengan baik, sehingga mudah untuk diketahui keberadaannya.
  • Virus stealth: menyembunyikan dirinya dengan membuat file yang terinfeksi tampak tidak terinfeksi, tetapi virus jenis ini jarang mampu menghadapi scanner antivirus terbaru.

Teknologi Penulisan Virus

Polymorphic

virus akan mengubah dirinya pada setiap tahap infeksi, sehingga menyulitkan proses identifikasi virus

Encryption

virus melakukan enkripsi terhadap tubuh virus maupun file yang diinfeksinya

Anti-Debugging

virus berusaha menggagalkan proses debugging, dan tak jarang mampu mengunci komputer setiap kali virus berusaha didebug

Steath

virus berusaha menutupi kehadiran dirinya didalam sistem dari segala bentuk pendeteksian

Self-modifyng

mirip dengan polymorphic

 

Cara Kerja Virus Masuk ke Sistem Komputer
Ada beberapa  jalan yang dapat dipergunakan oleh virus computer dalam melakukan aksinya. Jalan tersebut dapat melalui media berikut ini :

 

  1. Software - software bajakan besar kemungkinan mengandung virus dari komputer tempat software tersebut digandakan bila komputer asal tersebut telah terjangkiti virus. Untuk itu pembaca perlu berhati-hati sekali dengan program-program bajakan, terlebih lagi dengan program games.
  2. Disket atau CD juga merupakan media virus memasuki system komputer kita. Baik disket atau CD dari badan-badan yang terpercaya ataupun tidak. Bisa jadi karena kecerobohan karyawannya.
    Disket atau CD dapat mengandung virus. Pernah suatu ketika pada bulan Desember 1991 suatu CD ensiklopedi sistem operasi perusahaan terkenal terinfeksi virus NoInt, padahal sudah 3800 kopi CD tersebut terjual. Sebab itu discan terlebih dahulu dengan anti virus update terbaru sebelum digunakan.
  3. email-email dari internet, karena tidak tertutup kemungkinan email tersebut memuat script virus atau bahkan mengandung attachment berupa program terinfeksi virus.
  4. Anti Virus, sifat beberapa anti virus yang hanya mengadakan pengujian pada awal byte, tidak melakukan proses self-chek, program virus dapat diuninstall dan  tidak memiliki batas kadaluarsa adalah   potensial digunakan untuk penyebaran virus computer.

 

Mendeteksi Keberadaan Virus pada Sistem Komputer

Ada banyak cara untuk mendeteksi keberadaan virus pada system kita. Di antaranya adalah seperti tanda-tanda di bawah ini yang kemungkinan mengindikasikan adanya virus komputer pada system pembaca.

  1. Penambahan ukuran file tanpa alasan yang jelas. Hal ini mengindikasikan adanya virus.
  2. Program tidak berjalan secara normal dan diikuti dengan pesan-pesan error. Atau adakalanya disertai dengan animasi-animasi (walaupun menarik).
  3. Adanya perubahan-perbahan struktur direktori tanpa sebab.
  4. Penurunan jumlah memori yang tersedia yang disebabkan bukan karena komputer sedang menjalankan program-program komputer.

Aktifitas sistem keseluruhan berjalan secara lambat. Untuk mengeksekusi program membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.

 

 

 

 

 

Cara Mencegah dan Menanggulangi Virus Masuk ke Sistem Komputer

  1. Mengetahui dengan pasti apakah file atau program yang akan dikirim melalui email tersebut mengandung virus atau tidak.
  2. Mengetahui dan pastikan lampiran email tersebut dari siapa, sebelum disimpan atau dijalankan.
  3. Pastikan bahwa anda telah menanti lampiran email dari seorang yg Anda kenal dan percayai.
  4. Install software anti virus sekarang pada system komputer anda. Vendor software antivirus besar, seperti Symantec, Network Associates, Computer Associates, dan Kapersky Lab, menyediakan layanan update reguler (sebagai catatan Computer Associates InoculateIT merupakan software antivirus yang gratis). Beberapa vendor juga menawarkan layanan update reguler melalui situs Web perusahaan mereka.
  5. Update secara reguler sangat penting. Para periset dari Computer Economics memperkirakan bahwa 30 persen dari usaha kecil sangat rentan terhadap bahaya virus dan itu dikarenakan mereka tidak mengupdate software antivirus mereka secara teratur, atau mereka tidak menginstalasikannya secara benar.
  6. Mempunyai komputer back up/cadangan untuk menyimpan data penting. Jika tidak punya data back up, miliki Zip drive dan rutin selalu untuk mem-back up data file tersebut.
  7. Jika Anda ragu-ragu, silakan menghapus beberapa pesan e-mail yang mencurigakan/lampiran dan kirim emaill kepada si pengirim untuk memberitahu bahwa anda mencurigai suatu virus.
  8. Jangan pernah untuk membuka sebuah lampiran dgn extension file:. EXE. COM. VBS. LNK. PIF. SCR. BAT.
  9. Program anti virus sebaiknya bisa mematikan virus di memori, dan dapat memberi peringatan jika ada sesuatu yang aneh di memori komputer pemakai (misalnya besar base mem kurang dari 640 Kb)

Kesimpulan

            Virus computer adalah sebuah karya dari orang pintar yang kehilangan arah.  Secara logika karena program ini adalah buatan manusia maka tentu saja selalu ada jalan untuk membasminya.  Sebagai pemakai antivirus, Anda harus lebih hati-hati, dan  rajin mengupdate antivirus Anda. Hal ini sangat perlu dilakukan, terutama bagi Anda yang terhubung ke Internet,  sudah banyak virus yang menyebarkan dirinya lewat e-mail, dan dengan memanfaatkan beberapa bug dari perangkat email client Anda beberapa virus dapat menyebar tanpa Anda sadari (saat artikel ini dibuat, ada laporan dari sumber yang terpercaya bahwa ada bug di outlook yang memungkinkan attachment di eksekusi tanpa diketahui user).

 

Daftar Pustaka

 

1.             www.trendmicro.com/vinfo/virusencyclo

2.             www3.co.com/virusinfo/Encyclopedia.asp

3.            www.cbn.net.id

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | MusrinSalila Template | Galeri Tinangkung
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Galeri Tinangkung - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MusrinSalila Template